Yahoo! Updates and Social APIs

Description

Selama Beberapa hari Yang Lalu, server-server YM dilakukan upgrade API oleh pihak Yahoo secara bertahap. Sempat menggunakan protokol lama di server cs1.msg.cnb.yahoo.com masih bisa. Untuk server-server YM yang lain, menggunakan protokol baru saja yang bisa. Baik protokol lama maupun baru di semua server yang kami tahu, account YM tak lagi bisa login. Kami melakukan testing login YM via Pidgin juga gak bisa, gagal sertifikat. Kami coba pakai m.ebuddy.com sudah bisa login, agaknya server untuk pihak ketiga yang berbasis web belum/malah sudah selesai di-upgrade.

Berikut adalah pemberitahuan dari pihak Yahoo:


“We’ve upgraded our Updates API such that updates that are inserted into Yahoo! using our default update types will be broadcast to all third party networks that the user has linked their Yahoo! account to. This provides a single entry point to distribute updates to all third parties. As soon as we enable users to link their accounts to third parties across Yahoo! in near future, you will be able to get more distribution by using the Updates API without the need to integrate with multiple third parties. Users will also be able to syndicate their Yahoo! activities, like buzz, ratings, reviews etc to these third party networks.”


Selengkapnya bisa dibaca DI SINI.


Kami akan mencoba mengikuti perkembangan dan atau pembenahannya. Sebab berdasarkan pengalaman yang lalu, pemberlakuan protokol baru ternyata tidak serta-merta menonaktifkan protokol lama. Protokol lama memang sempat tak bisa digunakan, namun beberapa hari kemudian, protokol lama kembali bisa digunakan, di samping protokol baru.


Beberapa aplikasi Yahoo Messenger seperti YMTiny, YMess, dan Yamee dilaporkan sudah tidak bisa digunakan. Hal ini dikarenakan YM merubah protokol yang digunakan.

Saat ini saya baru menemukan 4 aplikasi Yahoo Messenger untuk handphone yang langsung terkoneksi dengan server Yahoo dimana semuanya buatan Indonesia.

Nah sebagai alternatif Yahoo Messenger untuk handphone yang berjalan pada protokol baru adalah Nefanasa.

Fitur-fitur yang dimiliki Nefanasa:

  • Koneksi langsung ke Server Yahoo
  • Konferensi
  • 88 Emoticon
  • Status Yahoo
  • Tambah teman
  • Hapus teman
  • Sembunyi teman
  • Abaikan teman
  • Chat berwarna
  • Mudah digunakan
  • Informasi dari Yahoo (Email, Audible, etc)
  • Suara
  • Getar
  • Cahaya
  • dan banyak setting yang bisa diubah

Sampai saat ini setidaknya sudah ada 3 versi:

nefanasa 2.1, menggunakan protokol YM 8

nefanasa 2.2, menggunakan protokol YM 9

nefanasa 2.3, menggunakan protokol YM 10

Untuk 2 versi terakhir agak ribet karena membutuhkan sertifikasi yang harus kita install sendiri tapi kelebihannya mendukung login lewat https (lebih secure/aman).

Alamat download nefanasa:

Nefanasa Yahoo Versi 2.3.12 (Rekomendasi)
Versi terbaru Nefanasa Yahoo 2.3 yang mengunakan Yahoo Messenger 10 Protocol (YMSG17), Butuh Equifax Secure Authority certificate supaya dapat terhubung ke https://login.yahoo.com

Version 2.2.46
Nefanasa Yahoo versi 2.2 yang mengunakan Yahoo Messenger 9 Protocol (YMSG16), tidak lagi mendukung SHMessenger. Butuh Equifax Secure Authority certificate supaya dapat terhubung ke https://login.yahoo.com Setelan Server silahkan dirubah ke scs.msg.yahoo.com jika anda tidak bisa terhubung

Version 2.1.0 Rebuild (Rekomendasi)
Nefanasa Yahoo versi 2.1 yang dibuat ulang menggunakan Yahoo Messenger 8 Protocol (YMSG15) dan terintegrasi SHMessenger. Versi ini masih bekerja dengan mengganti setelan Server ke cn.scs.msg.yahoo.com namun fitur SHMessenger sudah tidak ada. Tidak membutuhkan sertifikat tambahan.

Syarat handphone:

  • Mendukung Java Application (j2me), CLDC 1.0 dan MIDP 2.0
  • GPRS aktif

Ada kendala dalam menjalankan aplikasi silakan lihat halaman FAQ


Pemikiran Pribadi

Sebagai salah satu strategi dan “akal bulus” untuk mengatasi pembatasan pengisian nomor luar area oleh Telkomsel, maka para server pulsa memutar otak agar usahanya tetap bisa eksis. Salah satu caranya adalah menggunakan layanan Yahoo Messenger untuk melakukan transaksi nomor luar area nya. Caranya adalah berhubungan dengan banyak server di daerah lain, misalnya sebuah server di Jawa Tengah banyak berhubungan dengan server di Jakarta (untuk mengisi nomor Jakarta/Bandung), Banda Aceh sd Lampung (untuk mengisi nomor Sumatera), Bali (untuk mengisi nomor Jatim sd Nusra), Makassar (untuk mengisi nomor Kawasan Timur).

Telkomsel memang terlihat rapi dalam penomoran area (nggak kaya kompetitornya begitu amburadul) jadi sangat mudah untuk mengarahkan nomor dengan prefix apa ke server siapa, kadang antar server melakukan barter transaksi luar area.

Awalnya “cara kreatif” ini awalnya memang bener-bener untuk mengambil stok telkomsel saja, lama kelamaan ada server bermodal “angin” yang berani bikin server bermodal komputer saja sementara stok full h2h.

Selama ini, terlihat antara server pengguna YM bermain kucing-kucingan dengan pihak YM, sepertinya memang pihak YM “tidak tahu” bahwa layanannya digunakan “sedheng” oleh para server ini. Maksudnya pihak Yahoo menganggap bahwa yang dilakukan server nggak jauh beda dengan apa yang dilakukan Pidgin, E Buddy dll.

Ketika pihak Yahoo mengganti protocol Messengernya, pihak server pulsa kelimpungan mencari protocol barunya. Dan ini berlangsung terus menerus. Bahwa YM bukanlah “open messenging” yang bisa dicari source-nya, melainkan hanya “free messenger” yang penuh dengan iklan.

Seharusnya para “pelaku server pulsa” harusnya menggembangkan messenger sendiri sehingga ketika tiba-tiba pihak Yahoo mengganti protocol-nya pihak server pulsa tidak kelimpungan, (atau mungkin) pihak Yahoo memang ingin meminta “kompensasi” dari server ini? wallahua’lam

Promosikan Blog / web

Ketik nama url kamu, Kemudian tulis mengenai apa blog atau website kamu, Selesai.... Mudah kan! BUKA-Klik Disini / Banner di bawah ini

Dengan Mozilla Firefox --- Website Terbuka Optimal Dengan Resolution 1024 768 Pixels ---- By MASTER DIGITAL Powered By ARYANTO