Module Wavecom menggunakan COM Emulator

Sekarang ini banyak ditawarkan modem Wavecom baik seri M1206B, M1306B, Supreme, GO dan bahkan modempool berbasis wavecom module dengan bermacam kode pada tag penjualannya, misal: Wavecom Fastrack M1206B (Q2403A) RS232 yang berarti modem Wavecom dengan tipe Fastrack M1206B dan bermodule Wismo Q2403A dan tersedia dengan koneksi Serial RS232, dan kode2 lainnya..

Disini, hendak di jelaskan bagaimana melihat apakah kode module yang disisipkan pada tag tadi benar seperti itu atau hanya tipuan pedagang saja, terkadang banyak penjual yang menawarkan modem dengan hanya tulisan Wavecom M1206B saja tanpa dijelaskan dibelakangnya tipe module yang diberikan, padahal module ini menentukan kecepatan kirim sms dan fiturnya, juga tentunya HARGA juga berbeda. Nah disini tentu saja anda tidak ingin tertipu dengan jualan modem yang ada di internet, Tipe modem apakah yang anda beli, dan module apakah yang anda beli juga..? karena secara fisik, untuk modem Wavecom amat sulit melihat tipe module yang tersemat di dalamnya kecuali anda membuka casing dan sudah tentu segel garansi akan robek dan hilanglah garansi anda. diperlukan trik khusus untuk melihat tipe module yang tertanam di dalamnya, salah satunya dengan menggunakan software Com Emulator.


Aplikasi Com / Terminal Emulator secara default tersedia di Windows XP dengan nama HYPERTERMINAL, namun di sistim operasi terbaru seperti Vista dan Windows 7, fasilitas software ini ditiadakan. untuk mengantisipasi hal ini, disini kita akan belajar menghubungkan modem Wavecom menggunakan aplikasi Terminal Emulator bernama TERATERM yang bisa di download disini. Kenapa disini kita menggunakan tera term? agar penjelasan disini lebih bisa bermanfaat bagi pengguna dengan sistim operasi yang lain seperti Windows Vista dan Windows 7. Sebelumnya bisa di lihat pada gambar ilustrasi, bentuk tampilan software terminal emulator bawaan windows XP yaitu hyperterminal:

aplikasi Hyperterminal pada Windows XP


Bagi para pengguna windows XP, hyperterminal akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekkan tipe module pada modem Wavecom, tidak perlu melakukan download aplikasi lain lagi.


TERA TERM 3.1.3

Disini aplikasi Tera Term yang akan digunakan adalah TeraTerm versi 3.1.3 yang di compile ulang oleh www.ayera.com. Dengan ukuran download yang lebih kecil, aplikasi ini jadi mudah disimpan di flashdisk.


Setelah di download, silahkan unzip file TeraTerm ke drive di PC anda akan muncul folder set bernama “ttpro313″ , dan jalankan file di dalam folder itu yang bernama: ttermpro.exe .


Setelah anda menjalankan file ttermpro.exe akan muncul tampilan sperti dibawah ini:

kemudian buka menu “Setup” dan pilih “Serial Port” , tampilan seperti ini:

setelah memilih menu “Serial Port” akan terbuka jendela pop up baru dengan tampilan seperti dibawah:

lakukan sedikit setting pada parameternya, yaitu pada kolom Port, pilihlah lokasi COM dimana modem yang akan di koneksikan ke Tera Term, kemudian pilihan kolom Baud rate pindahkan ke “115200″ . tidak usah di rubah parameter yang lain, dan kemudian tekan “OK”.


setelahnya tampilan popup akan hilang, dan akan ada lembar tampilan kosong, silahkan coba ketikkan sbb:


AT


ketika di tekan , hasil menunjukkan tulisan dibawah sebagai tulisan “OK”. kalau tidak berarti modem belum terkoneksi ke Tera Term atau pilihan COM masih salah.


Apabila sudah muncul hasil “OK” ketika mengetik “AT” di layar, silahkan coba beberapa kode dibawah ini:


ATI3 — lihat hasilnya dibawah ketikan tadi, disitu akan menunjukkan kode firmware module dan tipe module (misal Q2403A) serta tanggal module tersebut di flash oleh pabrikkan. Disinilah anda perlu melihat kode module anda, apakah sudah sesuai dengan yang anda beli atau butuhkan.


AT+CGSN — untuk melihat nomor IMEI atau serial number dari modem. apabila ditunjukkan hasil “012345678901234″, berarti IMEI belum di set oleh pabrikkan. Tetapi tidak usah khawatir, IMEI ini tidak begitu digunakan kecuali pada aplikasi-aplikasi yang memang membutuhkan IMEI sebagai dongle software ataupun pointing fungsi modem pada aplikasi Server Pulsa ataupun SMS gateway.


Nah sampai disini, anda telah menerapkan “Cara Melihat Module Wavecom menggunakan COM Emulator“.


Artikle Terkait :

Selamat Mencoba.

Promosikan Blog / web

Ketik nama url kamu, Kemudian tulis mengenai apa blog atau website kamu, Selesai.... Mudah kan! BUKA-Klik Disini / Banner di bawah ini

Dengan Mozilla Firefox --- Website Terbuka Optimal Dengan Resolution 1024 768 Pixels ---- By MASTER DIGITAL Powered By ARYANTO